Monday, July 2, 2018

Emulator Android Terbaik Paling Ringan Untuk PC Spek Rendah

Ada banyak alasan mengapa seseorang ingin menggunakan emulator android di PC mereka, salah satunya pengembang aplikasi android yang mengharuskan melakukan test aplikasinya di PC sebelum akhirnya dirilis.

Alasan lain adalah gamer yang ingin bermain game menggunakan keyboard dan mouse, di beberapa kasus emulator android dijadikan solusi untuk bermain game HD para pengguna HP Android low-end.

Sekarang masalahnya cuma satu.

Biasanya kebanyakan emulator Android kinerjanya sangat memberatkan komputer. Sehingga, kadang kebingungan memilih jenis emulator yang ringan sesuai dengan spesfikasi komputer.

Apa Itu Emulator Android?

Emulator Android atau lebih lengkap perangkat lunak  emulasi android, berfungsi untuk Menjalankan simulasi suatu sistem android di sistem PC atau komputer.

dengan kata lain emulator android akan mengemulasi aplikasi atau game Android supaya dapat dimainkan atau berjalan pada sistem operasi Windows ataupun Macintosh.

Dengan adanya emulator android yang ringan untuk PC, dapat membantu kalian untuk menjalankan aplikasi atau game android di PC dengan lancar, tentunya dengan emulator android paling ringan dan cepat yang dapat kalian gunakan.

Emulator Android Ringan Untuk PC

1. MEmu Emulator



Emulator android yang satu ini dibuat untuk keperluan gaming, berbagai genre game HD bisa anda mainkan seperti FPS, RPG, MOBA, dll.

Pada benchmark pengukuran performa di antutu, MEmu emulator android menggungguli emulator bluestack bahkan flagship terbaru samsung, benarkah?

Kenyataannya tidak begitu ketika dipraktikan.

Mungkin saja performa MEmu tinggi, tapi ketika saya mencoba MEmu, terkadang masih menghadapi masalah beberapa aplikasi mengalami force close.

Tampilan dan fitur MEmu sendiri tidak berbeda jauh dengan emulator android lainnya.

Kelebihan MEmu emulator android ini selain ringan untuk bermain game, juga dev MEmu memberikan dukungan untuk semua hardware Komputer bahkan untuk PC spek rendah.

Selain itu MEmu menawarkan Operasi sistem android kitkat dan lollipop.

Tapi sayangnya..MEmu emulator android hanya memberikan kamu 1 GB Ram dan Penyimpanan terbatas 5 GB saja, tentunya sangat terbatas untuk menginstal banyak game HD

Spesifikasi Minimum
  • OS (Windows XP SP3 / 7 / 8.1 / 10)
  • Prosesor Intel / AMD
  • RAM 1 GB.
  • Ruang Kosong Hardisk 5 GB
Download MEmu Emulator

2. Nox App Player


Bila Anda ingin memainkan game Android dengan layar PC, mungkin menggunakan Nox App player bisa menjadi solusinya.

Aplikasi ini cukup populer di Indonesia, terutama kalangan para gamer. Nox sendiri mempunyai desain interface yang sangat mudah untuk di eksplorasi. Bahkan oleh pengguna pemula aplikasi emulator. Meskipun bagi sebagian orang, tampilan dari Nox ini cukup klasik dan kurang menarik.

Tingkat kompatibilitasi dari Nox player ini cukup tinggi. Mengingat hampir semua jenis aplikasi atau game bisa berjalan dengan lancar. Bahkan, sangat jarang sekali terjadi force close.

Untuk performa, Nox emulator saya rasa berjalan cukup baik di Windows 10. Kinerja dan proses rendering grafis juga cukup stabil dan cepat. Bahkan bisa dibilang performanya hampir setara dengan Remix OS.Di tambah lagi, Anda bisa mengkustom spesifikasi dari NOX sesuai dengan spek komputer yang Anda miliki.

Fitur yang di sediakan Nox tidak jauh berbeda dengan emulator lainnya. Mulai dari key mapping untuk bantuan kontrol. Install apk secara langsung melalui drag n drop. Fitur GPS untuk menetukan lokasi Anda. Dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Spesifikasi Minimum
  • Windows XP SP3
  • Dual core AMD atau Intel
  • Open GL 2.0
  • 1,5 GB Ram
  • 1,5 GB space kosong hardisk
Download Nox App Player

3. Bluestack 3


Bluestack adalah pelopor aplikasi emulator android khusus untuk gaming.Saat ini Bluestack sudah rilis versi 3, dan di kenal dengan Bluestack 3.

Setiap piksel dari Bluestack 3 di rancang untuk memanjakan para gamer. Di mana agar Anda mendapatkan pengalaman terbaik saat bermain game Android melalui komputer. Anda bisa dengan leluasa menggunakan keyboard dan mouse sebagai kontroller-nya.

Fitur yang ditawarkan oleh Bluestack 3 cukup beragam.

Fitur App center, fitur yang memudahkan Anda menemukan apps atau games yang paling populer dikalangan para pengguna Bluestack 3.

Fitur Gift Center, fitur yang di gunakan untuk memberikan hadiah ke pengguna Bluestack 3. Hadiah tersebut di peroleh dari hasil kemitraan Bluestack 3 dengan para developer apps. Hadiah ini biasanya bersifat komponen yang berada dalam game seperti karakter, kostum dan gems.

Fitur Blustack Friend, saat pertama kali menggunakan bluestack 3 anda wajib login menggunakan akun Google. Tujuannya adalah supaya kita bisa berinteraksi dan berteman dengan pengguna Bluestack yang lain di penjuru dunia. Sehingga memumgkinkan kita bisa bermain bareng (party) dengan mereka.

Fitur Key mapping, memungkinkan Anda menggunakan keyboard sebagai ganti touch kontrol di hp saat bermain game.

Fitur TAB, fitur ini sangat spesial karena kita bisa membuka beberapa game sekaligus menggunakan tab mirip web browser.

Fitur Multi Instance, selain tab Anda juga bisa membuka Bluestack 3 dengan instance emulator sekaligus.

Untuk tampilan Bluestack 3 sudah cukup bagus dan memenuhi kriteria UI yang ramah pengguna, bahkan untuk pemula sekalipun.

Dari segi performa, Bluestack 3 memiliki tingkat kompatibel yang cukup tinggi.

Spesifikasi Minimum
  • Windows XP SP3
  • Dual core AMD atau Intel
  • Open GL 2.0
  • 2 GB Ram
  • 5 GB space kosong hardisk
Download Bluestack 3

4. XePlayer – Emulator


XePlayer merupakan aplikasi pendatang baru di dunia emulator Android. Seperti yang lainnya, dengan XePlayer Anda bisa menjalankan aplikasi maupun games Android di PC secara lancar.

Emulator ini menggunakan kernel sistem Android versi 4.42 (KitKat). Dibuat agar optimal untuk komputer dengan arsitektur x86, baik itu Intel atau AMD. Agar berjalan dengan lancar CPU Anda harus yang sudah support OpenGL dan Virtual Technology.

Dari segi kompatibelitas, pihak pengembang mengklaim bahwa XePlayer ini mampu menjalankan hampir 99% aplikasi maupun game yang ada di Google Play Store.

Dari segi tampilan, XePlayer sekilas merupakan cloningan dari Nox App player versi yang lama. Dari segi UI dan pengaturan tombol mirip sekali.Bahkan hingga, kernel OS-nya hampir sama dengan Nox.

Untuk performa, XePlayer ini cukup baik sejauh yang saya coba. Hampir semua aplikasi bisa berjalan dengan lancar dan tidak lag. Hanya saja, saat pertama kali instalasi saya mengalami sedikit trouble XePlayer stuck di 99%.Setelah ketemu solusinya semuanya menjadi lancar.

Spesifikasi Minimum
  • Windows XP SP3
  • Dual core AMD atau Intel
  • Open GL 2.0
  • 2 GB Ram
  • 5 GB space kosong hardisk

5. GenyMotion Emulator Android


GenyMotion adalah salah satu emulator android yang dapat dijalankan pada PC, emulator android ini bisa kalian coba di PC kalian dengan dua versi yaitu secara gratis dan berbayar.

GenyMotion merupakan emulator android ringan untuk PC dan terbaik di kelasnya karena dilengkapi dengan fitur OpenGL, tentunya versi berbayar lebih banyak dukungan fitur.

GenyMotion ini memiliki performa yang lebih cepat daripada Bluestacks dan dilengkapi dengan sensor seperti akselerator, baterai dan GPS.

Spesifikasi Minimum
  • Windows 7
  • Dual core AMD atau Intel
  • 2 GB Ram
  • 2 GB space kosong hardisk

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon