Thursday, July 19, 2018

Aplikasi Android Untuk Para Blogger Agar Meningkatkan Produktivitas

Sebagai seorang publiser blogger, tentu saja kamu akan sangat terbantu dengan adanya smartphone. Ya di jaman sekarang ini semua bisa dilakukan dengan sebuah smartphone termasuk dalam hal blogging. Smartphone sendiri bisa menjadi sebuah  alat yang sangat powerful untuk meningkatkan produktivitas sebagai seorang publiser blogger jika kita bisa memanfaatkannya smartphone dengan baik dan benar.

Salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan aplikasi-aplikasi untuk penunjang yang akan membantu kita dalam hal blogging. Mulai dari menulis artikel, hingga mengatur semua aset seperti gambar dan foto.

Dari sekian banyak aplikasi android, mungkin dibawah ini adalah 5 aplikasi android smartphone terbaik untuk blogger yang sangat membantu produktivitas kamu sebagai seorang publisher blogger.

1. Aplikasi Dropbox Paper


Aplikasi Dropbox Paper saat ini tersedia untuk android dan iphone. Kamu yang menggunakan desktop, bisa menggunakan versi web-nya. Aplikasi mobile-nya, sangat amat ringan jika dibandingkan dengan Google Docs. Asiknya, Paper terintegrasi secara penuh dengan akun Dropbox kamu. Kamu bisa melampirkan gambar dan video yang tersimpan di Dropbox.

Dropbox Paper juga punya fitur-fitur penting untuk sebuah aplikasi pembuat dokumen seperti penghitung karakter, fitur kolaborasi, upload gambar, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa menyematkan video dari Youtube. Salah satu fitur kesukaan saya adalah fitur pencarian di Dropbox Paper. Dropbox Paper akan menampilkan pratinjau dari dokumen ketika kita menyorotnya.

Kamu juga bisa mengekspor dokumen yang kamu buat di Paper menjadi .doc ataupun markdown. Dropbox Paper cocok untuk kamu yang senang menulis dimanapun, baik di desktop maupun mobile. Kamu bisa melanjutkan tulisan yang kamu buat di smartphone di laptop, dan sebaliknya.

2. Aplikasi Feedly


Selanjutnya ada aplikasi Freedly. Salah satu cara yang biasa dilakukan adalah dengan membaca blog atau website dengan tema yang kita minati. Jika kamu masih mengunjungi website-website favorit secara manual, maka mulai sekarang tinggalkanlah kebiasaan tersebut.

Karena ada cara yang lebih baik, yaitu dengan menggunakan Feedly. Feedly bisa mengumpulkan umpan dari website favorit yang kamu ikuti, kemudian menampilkannya di aplikasi.

Jika kamu memiliki banyak website favorit yang sering dibaca, maka Feedly wajib kamu install. Kamu bisa update informasi sekaligus mencari inspirasi untuk bahan artikel selanjutnya yang akan kamu tulis.

3. Aplikasi Google Adsense


Nah buat kamu yang sudah memasang iklan di blog atau website dari produk google, dengan aplikasi seluler AdSense, kamu dapat melihat informasi aktual tentang akun AdSense di perangkat seluler kamu. Aplikasi seluler memberi kamu ikhtisar akun, serta akses ke laporan kinerja terperinci tentang semua metrik penting. Laporan yang tersedia mencakup saluran, situs, negara, unit iklan teratas, dan lainnya.

Selain itu, aplikasi seluler juga dapat mengirimkan kepada kamu lansiran otomatis setiap kali kamu menerima notifikasi bilah merah di akun AdSense. Perhatikan bahwa saat ini kamu tidak dapat melakukan tindakan terhadap lansiran dari ponsel. Kamu hanya dapat melakukan tindakan dan menutup lansiran dari versi desktop antarmuka AdSense.

4. Aplikasi Google Analytics


Google Analytics, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan alat yang satu ini. Alat wajib bagi semua blogger profesional untuk mengetahui jumlah kunjungan blog.

Aplikasi Analytics memungkinkan kamu mengakses akun dan data Analytics di perangkat seluler Android. Gunakan aplikasi ini untuk mendapatkan ringkasan metrik performa dari ponsel atau tablet.

Aplikasi ini mengoptimalkan tata letak dan kontrol laporan Analytics untuk lingkungan seluler sehingga memberikan pengalaman pengguna terbaik, apa pun perangkat yang Anda gunakan. Misalnya, aplikasi akan menyesuaikan tampilan secara otomatis agar sesuai dengan ukuran layar, dan navigasinya dioptimalkan untuk layar sentuh, bukan keyboard konvensional.

5. Aplikasi Hootsuite


Buat kamu yang sudah mulai serius menekuni profesi blogger tentu sudah tidak asing lagi dengan sosial media. Sosial media adalah alat yang powerful untuk mempromosikan blog yang kita kelola agar bisa mendapatkan banyak kunjungan tambahan.

Nah, adakalanya kita harus mengelola banyak akun sosial media. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter, hingga LinkedIn. Jika kita menginstall semua aplikasi sosial media tersebut satu persatu, tentu sangat tidak efektif.

Untungnya ada aplikasi bernama Hootsuite. Dengan satu aplikasi ini, kamu bisa mengelola semua akun sosial media kamu. Kamu bisa melakukan posting terjadwal, membalas komentar, hingga memeriksa statistik setiap akun sosial media.

Hootsuite adalah aplikasi yang sangat penting untuk blogger, terutama yang sering menggunakan sosial media untuk mendapatkan kunjungan tambahan di blog-nya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon